Sosialisasi Kelas Industri SMK TJP Tuban

0
522

SMK TJP, Tuban – Dalam menghadapi era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) Kabupaten Tuban adalah salah satu dermaga pernting di pulau jawa yang menjadi pintu masuk berbagai macam industri di pulau jawa terutama di jawa timur. Pemkab Tuban giat mengembangkan industri-industri yang nantinya diharapkan dapat membantu meningkatkan  roda perekonomian di Kabupaten Tuban. Oleh karena itu pemerintah berupaya “menggeber” SDM di Kabupaten Tuban agar mampu bersaing dengan tenaga kerja dari daerah lain. Hal ini sejalan dengan program-program SMK Taruna Jaya Prawira Tuban.

Guna mendukung program Pemkab Tuban, SMK Taruna Jaya Prawira Tuban bekerjasama dengan PT Bambang Djaja Surabaya mensosialisasikan program kelas industri pada bidang pengelasan. Dalam program ini siswa diajarkan tidak hanya pelajaran sekolah namun juga segala sesuatu yang berkaitan dengan dunia industri. Seperti yang disampaikan Drs. Edy Sukarno, M.MPd selaku waka humas “Di SMK TJP kita tidak hanya mengajarkan pelajaran saja, tapi juga kebiasaan-kebiasaan karyawan di dunia industri seperti menggunakan alat keselamatan kerja, displin kerja dll”. Dalam kegiatan ini juga ditekankan pentingnya peran serta orang tua untuk mendukung program kelas industri.

Adanya dukungan orang tua sangat membantu dalam pelaksanaan program kelas industri. Berkaca dari pengalaman bertahun-tahun SMK Taruna Jaya Prawira Tuban dalam melaksanakan Pembelajaran Sistem Ganda (PSG) atau magang. Besarnya antusiasmi siswa dalam mengikuti kegiatan magang sering terkendala dukungan orang tua. Oleh karna itu Tono, S.Pd. selaku waka manajemen mutu sekaligus koordinator program kelas industri SMK TJP Tuban mengharapkan dukungan orang tua penuh dari orang tua siswa. Serupa dengan SMK TJP Tuban, Pimpinan PT Bambang Djaja Surabaya  Mahmud Junaidi, SH., S.Ip. yang juga hadir dalam kegiatan ini menyampaikan bahwa siswa-siswa SMK TJP Tuban mampu bersaing dengan siswa-siswa dari daerah lain. Namun seringkali kurangnya dukungan dari orang tua menjadi salah satu penyebab kegiatan magang siswa terhambat.

Dengan adanya Program Kelas Industri kerjasama SMK Taruna Jaya Prawira Tuban dengan PT Bambang Djaja Surabaya diharapkan mampu memenuhi kebutuhan tenaga kerja lokal yang berkualitas di Kabupaten Tuban. Kegiatan ini diharapkan mampu mensinergikan antara siswa, sekolah, industri dan orang tua. Sehingga kedepan program kelas industri dapat berjalan dengan sukses.

LEAVE A REPLY